Minggu, 05 Agustus 2012 | By: Manyar Sabrangan-Community

Berkah Sampah Menjelang Hari Raya

Salah Seorang Nasabah Teraktif
        Malam itu (31/07/2012), suasana RW. III Manyar Sabrangan sangat ramai, para nasabah Bank Sampah Manyar Mandiri tampak berbondong-bondong menghadiri undangan dalam rangka pembagian tabungan sampah yang selama ini telah mereka kumpulkan. Tampak raut wajah ceria pada setiap nasabah yang kira2 berjumlah ratusan nasabah, hal ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh Bank Sampah Manyar Mandiri setelah kurang lebih 10 bulan beroperasi.
       Sebagaimana telah diketahui bahwa Sistem Bank Sampah merupakan salah satu progam wilayah Community Centre, yang mana wilayah Manyar Sabrangan sendiri memiliki Bank Sampah yang bernama Manyar Mandiri. Bank Sampah Manyar Mandiri pertama kali terbentuk pada akhir bulan September 2011 dan pertama kali beroperasi pada tanggal 16 Oktober 2011. Setelah berjalan kurang lebih 10 Bulan dengan jam operasional seminggu sekali yaitu setiap hari Minggu, Bank Sampah Manyar Mandiri telah memiliki nasabah +- 150 orang dengan total omzet mencapai +- 22 juta rupiah dan reduksi sampah mencapai +- 16,5 Ton.
Hasil yang diperoleh tiap nasabah sangat beragam, mulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu, bahkan ada beberapa nasabah yang memperoleh sampai juta'an rupiah. "Lumayan kenek gae tuku kacang gae riyoyoan" (red: Lumayan bisa buat beli kacang untuk hari raya) cetus Sri Lestari, salah satu nasabah yang memperoleh beberapa ratus ribu rupiah.
         Untuk menambah semangat para nasabah, pengurus Bank Sampah juga memberikan door prize untuk para nasabah yang selama ini aktif menabung. 
Andi Yus Eko, selaku koordinator Bank Sampah Manyar Mandiri mengatakan " Door prize ini untuk memacu semangat para nasabah agar semakin giat memilah sampah, sehingga program penyelamatan lingkungan juga akan terus berjalan dengan baik"
Dan Alhamdulillah selama ini semua program bisa berjalan dengan baik, terutama Sistem Bank Sampah itu sendiri. Kami selaku pengurus mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Unilever, PKK Kota Surabaya, Wehasta dan Paguyuban Fasilitator yang selama ini telah membimbing kami. Semoga kedepannya Bank Sampah Manyar Mandiri bisa menjadi lebih baik lagi dan bisa menjadi panutan wilayah lain. Aamiin.........

2 komentar:

Community Centre Surabaya mengatakan...

Wow mantaaaap Bank Sampah Manyar Mandiri! Boleh jg nih diangkat ke blog Community Centre...Selamat ya atas capaian omsetnya

Manyar Sabrangan-Community mengatakan...

Terima Kasih,, semua juga berkat bantuan dan bimbingan teman-teman dari unilever... :)

Posting Komentar