Senin, 16 Juli 2012 | By: Manyar Sabrangan-Community

Manyar Sabrangan

Denah RT. 07 RW. III Kelurahan MAnyar Sabrangan
     Manyar Sabrangan merupakan salah satu wilayah community centre di Surabaya Timur yang mana lebih tepatnya berada di wilyah RW. III Kel. Manyar Sabrangan.
Program Community centre ini digagas dan diselenggarakan oleh Yayasan Unilever,  bekerjasama dengan TP PKK Kota Surabaya, didukung oleh LSM Wehasta dan Paguyuban Fasilitator Lingkungan Kota Surabaya. Ini merupakan program pengembangan wilayah, ditujukan untuk memberi nilai lebih dari pencapaian yang dihasilkan dalam Program Green and Clean.
Program ini memiliki lima pilar, diantaranya Lingkungan, Ekonomi, Komunikasi, Nutrisi dan Sanitasi. Kelima pilar ini jalannya bertahap, bergulir secara ber kesinambungan. 
     Program lingkungan ini berbasis di wilayah RT. 07 RW. III Kelurahan Manyar Sabrangan yang mana memiliki luas wilayah +- 1200 m2. Adapun beberapa fasilitas penunjang dalam program ini adalah :
  • Bank Sampah, yaitu Bank Sampah Manyar Mandiri yg berfungsi untuk pengelola'an sampah anorganik
  • Komposter, yang berfungsi untuk pengelola'an sampah organik dan sampai saat ini sudah ada 18 buah komposter yg sudah terpasang dan tersebar di seluruh wilayah.
  • Water Treatment, yang berfungsi untuk pengelola'an air limbah rumah tangga (grey water), sehingga menghasilkan air bersih yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh warga.
  • Komposter Resapan, yang berfungsi selain untuk pengolahan sampah organik juga untuk penyerapan air sehingga dpt meminimalkan terjadinya banjir. Dan saat ini sudah ada +- 200 buah yang sudah terpasang, tersebar di seluruh wilayah.


     Selain fasilitas pendukung diatas Manyar Sabrangan juga memiliki Kader Lingkungan yang terdiri dari Karang Taruna, ibu-ibu, dan bapak-bapak, yang tidak kalah penting dalam mensukseskan jalannya program yang ada di Manyar Sabrangan.
Wilayah Manyar Sabrangan telah beberapa kali memperoleh prestasi di bidang lingkungan, dan dengan adanya fasilitas pendukung serta program community centre ini diharapkan Manyar Sabrangan akan menjadi lebih baik dan lebih berprestasi.


6 komentar:

Community Centre Surabaya mengatakan...

GO GO GO MANYAR SABRANGAN.....!

Manyar Sabrangan-Community mengatakan...

makasih bwt semangatnya..... :)

Suparmadja mengatakan...

Water Treatment'Ny donk diposting lebih lengkap lg...!!! ^_^

Community Centre Surabaya mengatakan...

Setuju dengan ide Mas/Pak Suparmadja...Blog CC lainnya blm ada yg nulis ttg water treatment lho

Manyar Sabrangan-Community mengatakan...

siap ndan,,, segera dilaksanakan... 86

Manyar Sabrangan-Community mengatakan...

Sudah ada di Agenda,, smua kelebihan Manyar Sabrangan nantix akan diposting...

Posting Komentar