Selasa, 28 Februari 2012 | By: Manyar Sabrangan-Community

Makasar Singgah ke Manyar

           Selasa 28 Februari, giliran Kota Makasar yang berkunjung ke Manyar Sabrangan. Rombongan yang berasal dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) serta Badan Lingkungan Hidup (BLH) kota Makasar ini datang untuk menimba ilmu di Manyar Sabrangan. Waktu menunjukkan tepat pukul 12.00 ketika rombongan tiba, ditengah terik matahari semangat tetap terpancar dari setiap wajah, semangat untuk belajar tentang pengelolaan lingkungan. Terutama semangat para kader Manyar Sabrangan yang telah siap sejak pukul 8 pagi.
Dengan di dampingi oleh ibu Faskel serta rekan-rekan dari Unilever dan Paguyuban Fasilitator Kota Surabaya, tujuan pertama yang di kunjungi adalah Bank Sampah Manyar
Mandiri, yang mana merupakan satu-satunya Bank Sampah di wilayah community center yang sudah terkomputerisasi sehingga sistem administrasinya sudah berjalan dengan baik. Di jelaskan pula oleh Ibu Afifah selaku Manager bagaimana sistem yang berjalan di Bank Sampah ini mulai nasabah datang, penimbangan hingga selesai. Di pihak lain Mas Andi selaku koordinator Bank Sampah menjelaskan sistem yang sudah terkomputerisasi. Di tempat yang sama pula di tampilkan beberapa produk unggulan Manyar Sabrangan yang berupa hasil karya daur ulang serta budidaya telor asin.
Berikutnya tempat yang dikunjungi adalah Water Treatment yang ada di wilayah Manyar Sabrangan, disini dijelaskan oleh Mas Arya  selaku Karang Taruna bagaimana cara pengolahan air limbah rumah tangga di wilayah Manyar Sabrangan. Yang mana sistem kerjanya secara sederhana adalah mengubah air limbah rumah tangga (selokan) menjadi air bersih yang biasa digunakan oleh warga untuk menyiram tanaman, cuci motor, dsb.
Semoga dengan waktu yang relatif singkat, kunjungan dari Manyar Sabrangan ini bisa memberikan manfaat yang besar bagi Kota Makasar, dan apa yang ada di wilayah Manyar Sabrangan ini bisa di aplikasikan juga di Makasar. SEMANGAT...... :)

0 komentar:

Posting Komentar